Idul Adha adalah Hari Besar Kemanusiaan dan Keimanan

BITUNG, mejahijau.com – Walikota Bitung Maximiliaan J Lomban SE MSi menghadiri sholat Idul Adha 1440 Hijriah di pusat Kota Bitung, Minggu 11 Agustus 2019, pagi.

Sambutan Walikota Lomban menyampaikan, Idul Adha adalah hari besar kemanusiaan dan keimanan yang ditandai dengan syi’ar penyembelihan hewan kurban.

Hal itu untuk mengenang peristiwa pengorbanan Nabi Ibrahim ‘Alaihissalam’ setelah menerima wahyu illahi melalui mimpi yang memerintahkannya menyembelih putranya, Ismail.

“Atas dasar spirit itulah, peringatan Idul Adha atau ibadah kurban memiliki dua makna penting. Pertama, makna ketakwaan manusia atas perintah sang khalik, dan makna yang kedua, makna sosial bahwa rasulullah berjiwa sosial kepada sesamanya,” katanya.

Dalam konteks itulah, kata Lomban, nabi bermaksud mendidik umatnya agar memiliki kepekaan dan solidaritas tinggi terhadap sesama.

Lanjut dia, akan lebih indah bila nilai yang terkandung dalam peristiwa kurban bisa kita terapkan pada diri kita, keluarga, dan dalam membangun masyarakat dan Kota Bitung yang kita cintai.

“Kepada kaum muslimin dan muslimat yang saya kasihi dan saya banggakan, saya secara pribadi, keluarga, dan atas nama pemerintah kota Bitung serta seluruh masyarakat mengucapkan selamat hari raya Idul Adha 1440 Hijriah,” ucap Lomban.

Semoga Allah yang Maha Kuasa senantiasa memberikan kekuatan dan kemudahan kepada kita dalam membangun Kota Bitung.

Sementara bantuan hewan kurban yang diberikan Pemerintah Kota Bitung, telah dilakukan pada hari Jumat 09 Agustus 2019 di Mesjid Alfatahadalah Kelurahan Girian Weru, sebanyak 10 ekor sapi untuk dibagikan ke 8 kecamatan.

Hajatan turut dihadiri Sekretaris Daerah Kota Bitung DR. Audy Pangemanan AP. MSi, para Asisten beserta jajaran pimpinan OPD, Khotib Teddy Lahati S.H.I. MH, imam Ustad Hamdani Paransa S,sos, Ketua PHBI dan jajaran, tokoh agama dan masyarakat.(herry dumais)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *